Senin, 05 Maret 2012

TANGGUNG JAWAB MANAJER

Tanggung Jawab Manager

Tanggung jawab mendasar seorang manajer adalah untuk menyajikan makanan yang sehat dan melatih karyawan dalam praktek pengolahan makanan yang sehat. Mereka harus selalu mengikuti peraturan terbaru yang mempengaruhi perusahaan dan yang terpenting memiliki sikap tegas dan mendukung akan kesehatan makanan.

Agar tetap beroperasi, perusahaan anda harus tunduk pada peraturan daerah dan peraturan negara tentang makanan. Perwakilan yang mengatur hal ini akan mengevaluasi saham perusahaan anda serta komitmen anda untuk menyajikan makanan yang sehat. Bagaimanapun juga mereka mempunyai wewenang untuk menetapkan denda dan menutup sebuah perusahaan yang menyajikan makanan yang tidak sehat. Oleh karena itu, hal ini amatlah penting bagi anda untuk bekerja sama dengan petugas yang berwenang.

FDA menganjurkan bahwa departemen kesehatan, baik lokal maupun negara, untuk menahan pemilik restoran atau perusahaan penyedia makanan yang bertanggung jawab karena mengetahui dan mempertunjukkan informasi sebagai berikut:

* Penyakit yang dibawa atau berpindah melalui makanan serta gejalanya
* Jenis materi racun yang dipakai dalam proses dan bagaimana menyimpan, menyalurkan, memakai dan membuang dengan aman.
* Hubungan antara kebersihan diri dengan penyebaran penyakit, khususnys yang menyangkut kontaminasi silang, kontak langsung tangan dengan makanan siap makan, dan mencuci tangan
* Bagaimana menjaga agar pegawai yang terluka atau sakit tidak mengkontaminasi makanan atau perkakas memasak
* Sistem laporan yang memastikan pegawai melaporkan kepada manajer akan adanya penyakit
* Waktu dan temperatur yang aman untuk memasak makanan yang berpotensi berbahaya seperti daging, unggas, telur dan ikan
* Kebutuhan dalam mengontrol lamanya waktu dari makanan yang berpotensi berbahaya tetap dalam temperatur yang mendukung pertumbuhan mikro-organisme
* Prosedur yang tepat untuk membersihkan dan mensanitasi peralatan dapur dan permukaan peralatan yang kontak langsung dengan makanan.
* Jenis dari bahan beracun yang digunakan sehari-hari dan bagaimana dengan aman menyimpannya, penggunaan dan pembuangan bahan beracun tersebut.
* Kebutuhan dari penggunaan peralatan yang memadai dalam jumlah dan kapasitasnya termasuk desain yang sesuai kegunaan, konstruksinya, penempatannya, penginstallan, pengoperasian, perawatan dan pembersihannya.
* Sumber yang disetujui untuk pengadaan air dan penting artinya bersih dan aman.
* Sistem pengoperasian penyajian makanan yang telah sesuai dari dasar prinsip HACCP system keamanan makanan, dan beberapa lokal departemen memerlukan sistem prinsip dasar HACCP
* Hak, tanggung jawab dan autorisasi lokal menugasi para pegawai, manajer dan departemen kesehatan lokal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar